Thursday, August 11, 2011

Sehat dengan Jus Buah

Sehat dengan Jus Buah

ADA banyak cara untuk mengambil manfaat dari buah. Selain bisa dikonsumsi dalam kondisi segar, buah juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan manfaat sehat buah adalah diolah menjadi jus.

Untuk mendapatkan jus, ada dua alat yang biasa digunakan, yaitu juicer atau blender. Pada dasarnya, kedua alat itu memiliki fungsi yang sama. Bedanya, hanya pada hasil penyerapan tatkala minuman tersebut sudah berada di dalam pencernaan. Buah yang diblender akan terserap habis oleh usus selama 20 menit. Sedangkan jika tidak diblender, akan menghabiskan waktu sekitar 18 jam. Itu artinya, nutrisi akan lebih lama tersimpan di dalam tubuh.

Menurut Zainar, seorang pengusaha jus di Jalan Barau-barau, untuk untuk mendapatkan hasil maksimal, cuci bersih buah yang akan dibuat jus agar terhindar dari bahan-bahan kimia yang menempel. Kemudian potong-potong buah dan buang bagian buah yang rusak. Beberapa buah tidak perlu dikupas untuk menghindari hilangnya nutrisi.

Pada saat mengupas buah, perhatikan dengan saksama biji-bijian yang terlalu keras dari buah tersebut. Meski memungkinkan ikut hancur saat dijus, sedikit-banyak biji-biji tersebut akan mengurangi sensasi saat menikmati hidangan jus. Apalagi kalau biji tersebut tidak hancur sampai halus, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dalam pencernaan.

Nah, berikut resep cara membuat jus yang diberikan Zainar. Selamat mencoba.

1. Jus Sirsak

Bahan

1. Dua sendok sirsak yang sudah matang.

2. Gula secukupnya.

3. Susu krimmer.

4. Susu cokelat.

5. Es.

Cara Membuat

Masukkan dua sendok sirsak yang sudah dipisahkan dengan bijinya kedalam juicer atau blender bersama air secukupnya, gula, susu krimmer. Setelah itu blender. Jika sudah menyatu, susu cokelat bisa ditiriskan ke dinding gelas dan masukkan cairan jus. Setelah itu, bagian atas juga dilumuri susu cokelat.

2. Jus Mangga

Bahan

1. Ambil daging dari satu buah mangga yang sudah matang.

2. Gula secukupnya.

3. Susu krimmer.

4. Es batu.

Cara membuat:

Potong-potong buah mangga, masukkan gula secukupnya, susu krimmer dan es batu yang sudah dihancurkan. Lalu blender.

3. Jus Tomat

Bahan

1. Dua tomat ukuran sedang.

2. Gula secukupnya.

3. Susu krimmer.

4. Es batu.

Cara membuat

Potong tomat dalam ukuran kecil, masukkan dalam blender. Masukkan gula, susu krimmer, dan es batu secukupnya. Lalu blender semua bahan itu hingga menjadi satu.

4. Jus Jeruk

Bahan

1. 2-3 buah jeruk ukuran sedang.

2. Gula secukupnya.

3. Susu krimmer.

4. Es batu.

Cara membuat:

Pertama kali jeruk diambil air dengan cara memerasnya. Setelah itu masukkan ke dalam blender, masukkan gula, susu krimmer, dan es batu. Blender semua bahan tersebut hingga menyatu. Lalu masukkan dalam gelas.

5. Jus Pinang

1. 3 biji buah pinang.

2. Satu bungkus Cappuccino.

3. Satu butir telur bebek atau ayam kampung.

4. Gula secukupnya.

5. Es batu.

6. Susu krimmer.

Cara membuat:

Masukkan tiga biji buah pinang, kuning telur, gula, lalu blender. Setelah itu masukkan Cappuccino, es batu, susu krimmer, lalu blender kembali. Setelah itu siap dihidangkan. Bisa disajikan dalam keadaan hangat dan dingin.

Tips Membuat Jus

JUS dapat dibuat dengan blender ataupun juicer. Jus sayur dan buah sangat bermanfaat dalam memberi asupan mikronutrien, terutama vitamin A dan vitamin C sebagai antioksidan; tinggi kalsium, kalium, magnesium, dan selenium, yang dapat mencegah munculnya penyakit dan kerusakan dini pada sel. Jus juga berfungsi menjaga level tekanan darah sebab tinggi kalsium dan kalium serta rendah natrium.

Agar jus yang kita buat optimal, ini tipnya:

1. Pilih buah dan sayur segar dan cuci sebelum membuat jus. Lebih baik lagi bila direndam dengan air hangat selama 5 menit. Hal ini penting diperhatikan, untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan yang berasal dari mikroorganisme patogen, cemaran kimia (misalnya pestisida) maupun cemaran fisik (misalnya pasir, debu, dll).

2. Potong buah atau sayur menjadi bagian kecil agar proses pengolahannya lebih mudah.

3. Jika ingin menambahkan air, pilih air yang sudah matang dan dalam keadaan suhu biasa (tidak panas).

4. Tambahkan es batu pada jus agar jus terasa lebih segar dan lezat.

5. Sebaiknya, buah yang berkulit tipis dan lekat dengan daging buah sebaiknya tidak dikupas (kulitnya). Kulit buah mengandung serat, terutama serat yang tidak larut air (insoluble dietary fibre atau IDF). IDF berperan dalam mempersingkat waktu transit makanan di kolon, mencegah kanker kolorektal, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Anda yang menggunakan juicer, Anda akan mendapatkan sari buah dan ampas secara terpisah. Saya sarankan, agar Anda tetap mengkonsumsi ampas buah yang kaya IDF.

6. Untuk menambah cita rasa, tambahkan pemanis. Pilih gula aren, gula kelapa, atau gula batu daripada gula pasir dan madu, sebab kandungan kalsium pad ketiga gula tersebut lebih tinggi. Akan tetapi, penderita kencing manis disarankan untuk hanya mengonsumsi gula rendah kalori.

7. Segera minum perlahan-lahan. Bila ingin menyimpan dalam kulkas, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup (misalnya botol) dan tidak boleh dari 5 jam. Hal ini dimaksudkan agar jus masih tetap dalam keadaan segar.

8. Campur dengan sedikit jeruk (misalnya lemon, keprok, atau nipis) agar warna jus tetap cemerlang dan terasa lebih segar.

9. Sebaiknya jus dibuat sendiri agar lebih higienis, lebih terjamin, lebih ekonomis, dan dapat dikorntrol komposisi bahannya. Lap untuk tangan, jangan dipakai untuk mengelap bagian dalam blender, ini memungkinkan terjadinya kontaminasi silang.

No comments:

Post a Comment